Minggu, 13 Januari 2013

kenyamanan Belajar bagi Pelajar itu Penting

Assalamu’alaikum semua J

Belajar dengan Serius dan Hening itu Penting . Tetapi, apabila suasana seperti itu kita merasa tidak nyaman Lebih baik ubah Metode Pembelajaran yang seperti itu J .
Menurut saya sih apapun metode pembelajarannya mau Santai, Mau Serius , atau Hening sekalipun itu tidak terlalu penting . NIAT adalah Pendukung dari semua Pendukung
J .
Tapi, Kalau saya boleh meminta/mengusulkan metode belajar yang memberikan kenyamanan untuk kami para pelajar saya ingin menyampaikan :
1)   Guru/Pengajar sebaiknya membuat kesepakatan kepada kami para pelajar .
Dengan metode ini InsyaAllah akan memberikan kenyamanan untuk kami para pelajar/murid .
2)   Sebaiknya sebagai Pengajar , anda bijaksana dalam memberikan tata tertib di kelas yang anda ajarkan/bimbing  .
Maksudnya adalah Apabila ada murid yang Tidak mengerjakan PR anda harus bijaksana dan konsisten dalam memberikan sanksi . Jangan hari ini yang tidak mengerjakan PR tidak diberi sanksi tapi Besoknya diberi sanksi .
3)   Kalau bisa setelahanda  selesai  mengajarkan suatu materi , alangkah baiknya anda bertanya kepada kami para murid . Maksudnya tidak semua orang memiliki daya tangkap otak yang cepat ,ada juga yang lambat menangkap materi yang sudah di jelaskan . Jujur saya sangat sakit hati apabila ada Pengajar/Guru yang tidak mau mengulang materi apabila saya tidak mengerti . Kebanyakan Guru itu hanya melihat siswa/siswi yang Pandai saja , yang kurangnya dianggap tidak ada .
4)   Saya sangat menginginkan adanya metode pembelajaran bebas PR .
menurut saya metode ini efektif untuk meningkatkan konsentrasi para murid/pelajar.
5)   Saya Juga sangat mengharapkan adanya metode belajr santai dan tidak terlalu terburu-buru . karena apabila terburu-buru juga percuma,materi yang lama kebanyakan telah dilupakan .
6)   Saya ingin sekali memiliki guru/pengajar yang hangat kepada kami para pelajar .
Jujur ada beberapa guru yang kami takuti , karena beberapa hal . misalnya Wajah guru yang Killer , Peraturan yang dibuat membuat kami tertekan,dan Juga mood guru yang kadang naik dan turun  .
7)   Menurut saya metode belajar yang Monoton akan mempersulit kami para murid untuk lebih Rajin belajar . Kebayakan guru yang menggunakan metode belajar serius, hening, dan banyak Tugas akan membuat murid semakin tidak menyukai pelajaran tersebut dan bahkan bisa membenci pelajaran tersebut beserta Pengajarnya .
8)   Sesekali diadakn kegiatan belajar mengajar di Luar sekolah . Misalnya mengadakan Study tour ke Museum-museum bersejarah, Ke Tempat pembuatan Batik, ke Bosca, dan ketempat-tempat yang bisa dipakai belajr sambil bersenang-senang .
9)   Sesekali juga diadakan tugas Praktek yang menyenangkan . Misalnya Praktek Berdagang dalam pelajaran Leadership, Penelitian Bakteri menggunakan Mikroskop, Senam dalam study Penjaskes , dan Membuat Animasi dalam study Teknologi Informasi dan Komunikasi .
10)                      Sesekali adakan Games atau Kuis yang seru dan membuat semangat.
11)                      Kalau bisa, peraturan makan dan minum di saat jam pelajaran di perbolehkan .
12)                      Kalaupun ingin memberikan tugas kepada kami para murid Jangan Dadakan! Kalau tugasnya mudah dan sedikit kami masih maklum. Tapi apabila Dadakan,Tugas banyak,Sulit  pula , itu sudah membuat kami para murid tidak nyaman .
13)                      Apabila ingin mengadakan Ulangan , Jangan dadakan ! membuat kami Stres dan Pusing .
14)                      Apabila sedang mengajar Toolong bedakan antara Urusan Pribadi dengan Mengajar . Karena terkadang ada guru yang sedang tidak mood . Murid melakukan kesalahan kecil saja sudah di marahin habis-habisan .
15)                      Tolong jaga kepercayaan kami kepada Anda para pengajar , apabila kami mencela / kurang suka dengan teman sesama pengajar seperti Anda .

Sekian Postingan saya kali ini J semoga bisa bermanfaat …
Wassalamu’alaikum J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar